Breaking News

Trik Membersihkan Kabin Mobil Sendiri Agar Tidak Perlu ke Salon Mobil


Interior Honda Brio merupakan salah satu kelebihan dari mobil pabrikan Honda ini. Hal ini karena interior mampu memberikan penampilan yang menawan dan mewah sekaligus tetap menjaga kenyamanan penumpang.

Namun, apabila tidak dijaga dengan baik interior mobil tidak akan terlihat elegan dan tidak bisa lagi memberikan kenyamanan bagi penumpang. Oleh sebab itu, perlu dijaga dengan baik dengan cara membersihkannya secara rutin.

Trik Membersihkan Kabin Mobil

Untuk bisa menjaga interior mobil dari kerusakan dan abu tidak sedap, Anda bisa melakukan kegiatan bersih-bersih rutin, misalnya satu dua minggu sekali atau saat dirasa kondisi kabin sudah mulai kotor. Membersihkan mobil bisa dilakukan sendiri tidak perlu langsung bawa ke salon mobil, sebab jika pergi ke salon mobil Anda harus mengeluarkan biaya pembersihan yang cukup besar.

Boleh-boleh saja membawa mobil ke salon mobil untuk dibersihkan, tapi lakukan sesekali saja. Untuk pembersihan ringan seperti membersihkan dari debu maupun remah bekas makanan, dan bau tidak sedap, Anda bisa lakukan sendiri dengan menggunakan cara berikut ini:

1. Persiapan

Sebelum bersih-bersih memang penting untuk melakukan persiapan terlebih dahulu. Mulai dari persiapan alat-alat kebersihan hingga sabun pembersihnya. Alat yang harus Anda persiapkan adalah lap kering dan basah, spons, sikat, kuas, cairan pembersih, ember juga penyedot debu.

Setelah semua peralatan lengkap, Anda bisa mengeluarkan barang-barang dari dalam kabin sehingga tidak sesak dan memudahkan proses pembersihan. Buanglah sampah-sampah dari dalam mobil, lalu buka semua pintu agar sirkulasi udara tetap terjaga saat proses pembersihan.

2. Mulai dari Bagian Bawah

Membersihkan bagian kabin Honda Brio harus dimulai dari bagian bawah, yaitu lantai mobil. Keluarkan semua karpet dari dalam mobil yang biasanya menjadi penyebab bau tidak enak. Anda bisa membersihkan karpet dengan menggunakan sabun pembersih atau sampo dan air mengalir, lalu jemur hingga kering. Untuk mematikan jamur bisa dengan menggosok karpet menggunakan sikat, tapi sebelumnya taburkan soda kue di karpet.

Kemudian keringkan karpet hingga benar-benar kering dan gunakan penyedot debu untuk memastikan karpet benar-benar bersih. Jangan lupa untuk menyapu bagian lantai hingga bersih sebelum kembali meletakkan karpet. Karpet mobil harus diletakkan setelah acara bersih-bersih kabin selesai.

3. Bersihkan Lapisan Jok Mobil

Untuk membersihkan bagian jok Anda harus menggunakan pembersih yang sesuai dengan bahan jok kendaraan. Jok mobil biasanya berbahan kain dan ada lapisan kulit sintetisnya. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan jok dari berbagai kotoran dan debu, terutama remah makanan.

Siapkan air hangat di dalam ember dengan campuran deterjen, celupkan spons ke dalam cairan kemudian bersihkan kain jok pelapis dengan spons tersebut. Pastikan semua bagian dibersihkan dengan spons. Setelah kering bersihkan sisa deterjen dengan menggunakan kain lap yang dibasahi air dingin, lalu keringkan kembali.

4. Bersihkan Plafon Kabin

Selanjutnya, Anda harus membersihkan bagian plafon kabin. Meskipun bagian ini jarang tersentuh, tapi juga bisa ditempeli debu dan berubah warna sehingga tidak enak dilihat. Jadi, pastikan bagian ini dibersihkan dengan hati-hati karena bagian pelapis plafon biasanya berupa lapisan tipis yang mudah rusak.

5. Bagian Dashboard

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dashboard. Siapkan cairan pembersih dan kain lembut. Semprotkan cairan ke atas kain dan gosokkan ke bagian dashboard hingga ke seluruh permukaan. Untuk bagian sudut, Anda bisa menggunakan kuas berbulu halus.

Selain bagian-bagian di atas, Anda juga harus membersihkan bagian AC mobil agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Pembersihan AC meliputi bagian luar hingga bagian penyaring debu atau komponen evaporator.

Bagaimana, tidak sulit bukan membersihkan bagian kabin mobil? Anda hanya perlu peralatan yang tepat, teknik yang baik, dan waktu untuk mengerjakannya. Dengan melakukan ini, interior Honda Brio tetap terjaga kenyamanannya. Mau punya mobil Brio, bisa membeli dengan cara online di marketplace atau situs jual beli mobil online.

Tidak ada komentar