Breaking News

Cara Merawat Mobil Sedan Agar Tetap Melaju Kencang di Jalan Raya


Honda Civic adalah jenis sedan yang hingga saat ini masih banyak dipergunakan di Indonesia. Oleh sebab itu, pabrikan asal Jepang, Honda, tidak ragu-ragu merilis Civic generasi ke-10 dengan menanamkan berbagai fitur terbaru, mulai dari mesin yang lebih bertenaga, bodi lebih slim dan sporty, hingga fitur keselamatan yang semakin baik.
 
Punya sebuah sedan memang masih menjadi pilihan banyak orang, apalagi yang masih lajang atau hanya punya keluarga kecil, sedan dianggap masih memadai untuk digunakan. Selain karena akselerasinya juga harganya masih berada di rentang yang cukup terjangkau.
 
Punya sebuah mobil sedan agar tetap prima dipakai melaju di jalanan dan awet tentu perlu dirawat dengan baik. Perawatan sedan sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja Anda harus telaten melakukannya.
 

Tips Merawat Mobil Sedan

Tidak dapat dipungkiri bahwa cara merawat mobil yang benar merupakan modal utama agar performa mobil selalu seperti baru. Sebenarnya, perawatan yang diperlukan mulai dari hal-hal kecil yang harus dijadikan kebiasaan, seperti:
 

1. Kontrol Air Aki

Salah satu bagian yang perlu perhatian ekstra pada mobil sedan adalah aki. Cara perawatannya sebenarnya tidak rumit, Anda hanya perlu menjaga air aki agar tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak.
 
Jika Anda menggunakan aki basah, selalu kontrol air aki setiap jangka waktu tertentu. Jika jumlah airnya turun, harus segera ditambahkan. Untuk aki kering hal ini tidak perlu dilakukan. Namun, pastikan aki kering tetap diperhatikan kebersihan dan korosi pada bagian katup aki. Jangan sampai terjadi masalah dan segera diservis apabila terjadi masalah atau bisa diganti dengan aki baru.
 

2. Bersihkan Mesin

Honda Civic dilengkapi dengan mesin baru dengan performa mumpuni, tapi jika tidak dijaga dengan baik, maka kualitasnya akan menurun seiring waktu. Agar tetap bisa memberikan performa terbaik selalu bersihkan area mesin mobil dengan kain halus dan sedikit air. Anda juga bisa memanfaatkan kemoceng untuk bagian yang sulit dijangkau.
 

3. Pengecekan Ban

Bagian ban juga perlu selalu dirawat. Anda harus mengecek tekanan angin pada ban setiap hari, terutama ketika hendak bepergian dengan mobil. Pastikan tekanan dalam ban berada di angka 28-30 Psi.
 
Ban merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan jalanan sehingga tekanan ban dapat berkurang seiring waktu. Apabila tidak dicek bisa saja tekanan ban menurun dan membahayakan pengemudi, bahkan orang lain. Jadi, pastikan selalu merawat dan mengecek ban mobil Anda.
 

4. Lakukan Servis Rutin

Sebaik-baiknya Anda merawat mobil, servis rutin tetap dibutuhkan untuk menjaga performa mesin mobil. Bagian vital seperti filter bahan bakar, busi, AC, dan lainnya perlu dicek rutin agar tidak terjadi masalah berat.

Selain bagian mesin, Anda juga perlu memperhatikan bagian bodi mobil dan kabin. Lakukan pembersihan berkala agar tidak banyak debu menempel yang kemungkinan akan menyebabkan kerusakan pada mobil Anda. Bisa juga sesekali membawa ke tempat cuci mobil agar proses pembersihan bagian kabin maupun eksterior mobil lebih efektif dan efisien.

Menjaga kondisi mobil sedan agar tetap prima sangatlah penting. Mulai dari memperhatikan air aki hingga bagian mesin juga bagian kabin dan eksterior mobil menjadi kewajiban pemilik. Selain itu, jika memiliki mobil sedan seperti Honda Civic, Anda perlu melakukan servis rutin agar tetap menjaga performa dan keawetan mobil tersebut.

Tidak ada komentar