Breaking News

Perbedaan Layanan Dokter Umum dan Spesialis di Chat SehatQ

 
Ada banyak cabang profesi pada dunia tenaga kesehatan (nakes), yang paling sering dijumpai adalah dokter. Profesi ini pun juga memiliki banyak percabangan, di antaranya adalah dokter umum dan dokter spesialis. Pada situs SehatQ.com, Anda bisa menjumpai dokter umum maupun khusus tanpa perlu tatap muka untuk berkonsultasi.
 

Perbedaan Dokter Umum dan Dokter Spesialis

Dokter umum merupakan profesi nakes yang dapat menangani penyakit secara general. Profesi ini dikenal di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang dapat ditemui di puskesmas, klinik, atau praktik pribadi.
 
Dokter spesialis merupakan profesi nakes yang dapat menangani penyakit secara khusus. Dokter umum dapat merujuk pasien ke dokter spesialis ketika memerlukan penanganan khusus.
 
Agar lebih jelas, berikut adalah hal-hal yang dapat ditangani oleh dokter umum:
 

1. Wawancara Medis atau Anamnesis

Wawancara medis merupakan langkah awal untuk mengetahui keluhan-keluhan yang dialami oleh pasien. Selain itu, pada tahap wawancara ini, dokter juga akan mengetahui informasi seputar kesehatan pasien.
 

2. Pemeriksaan Fisik Umum

Dokter umum dapat mengetahui pemeriksaan fisik secara umum. Dengan demikian, dokter umum dapat memberikan resep apabila ada pengobatan lebih lanjut. Dokter umum juga mampu untuk memberikan pertolongan pertama pada keadaan gawat darurat.
 
Dalam hal ini, dokter juga dapat melayani beberapa pemeriksaan tes dasar seperti darah dan urin. Selebihnya, dokter umum memiliki kemampuan untuk interpretasi dari hasil tes tersebut. Dokter umum juga dapat memberikan saran untuk melakukan tes fisik lain seperti pemeriksaan melalui rontgen.
 

3. Memberikan Konseling, Rehabilitasi Mendasar, dan Edukasi Kesehatan

Salah satu tugas dokter adalah memberikan edukasi mengenai masalah kesehatan. Dokter umum dapat memberikan edukasi ini pada pasien juga memberikan konseling terkait dengan permasalahan umum mengenai kesehatan. Dokter umum bisa memberikan rehabilitasi mendasar pada pasien agar terhindar dari komplikasi yang sama atau lebih buruk.
 

4. Memberi Rujukan Pasien Menemui Dokter Spesialis

Dokter umum merupakan langkah awal seseorang ketika mengalami keluhan kesehatan. Dokter umum dapat memberikan rujukan pada pasien agar mendapat penanganan khusus atau sesuai dengan keadaannya pada dokter spesialis.
 

Pelayanan Konsultasi Daring di SehatQ

Terdapat dua jenis layanan konsultasi dalam jaringan atau daring (online) di situs SehatQ.com, yaitu layanan chat dengan dokter umum dan konseling dengan dokter spesialis.
 

1. Chat Dokter Umum

Anda dapat memanfaatkan layanan chat dengan dokter umum melalui aplikasi. Apabila Anda memiliki keluhan-keluhan awal Anda dapat menanyakan pada dokter umum atau melalui forum di tanya dokter. Pada layanan ini, Anda dapat mendapat jawaban langsung dari dokter.
 
Dengan layanan chat ini, Anda tidak perlu melakukan kunjungan tatap muka, terutama apabila di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini.
 
Sebelum bertanya pada dokter umum, sebaiknya Anda menyiapkan daftar pertanyaan dan keluhan apa saja yang dialami tubuh dengan detail. Catat juga penanganan yang telah Anda lakukan seperti obat dan suplemen yang telah dikonsumsi. Anda juga dapat menyertakan pengaruh penanganan medis tersebut setelah digunakan.
 

2. Konseling dengan Dokter Spesialis

Berbeda dengan tanya dokter di forum atau chat, konseling dengan dokter spesialis sebaiknya menggunakan booking tempat. Jadwal praktik dokter spesialis dapat Anda temui di menu Dokter.
 
Pada aplikasi SehatQ, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis melalui video call. Anda juga dapat mengirimkan foto mengenai keluhan Anda.
 
Situs dan aplikasi SehatQ.com memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menemukan dokter terbaik. Dengan demikian, Anda tetap dapat mematuhi protokol kesehatan selama berkonsultasi dengan dokter. Di situs ini juga terdapat banyak artikel kesehatan yang akurat karena dievaluasi langsung oleh para dokter.

Tidak ada komentar