Breaking News

Mengenal 4 Ciri Sumber Air yang Baik

Mengenal-4-Ciri-Sumber-Air-yang-Baik

Air merupakan kebutuhan manusia yang paling pokok. Bahkan 70% dari tubuh kita terdiri dari molekul air. Bayangkan apa yang terjadi jika air dalam tubuh kita menghilang? Tentu metabolisme tidak berjalan dengan lancar dan organ dalam tubuh juga tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itulah kita membutuhkan asupan air yang cukup, terutama air mineral.

Selain untuk metabolisme di dalam tubuh, air juga dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air dibutuhkan oleh manusia untuk memasak, mandi, mencuci, dan melakukan kegiatan lainnya. Oleh sebab itulah, kita memerlukan sumber air untuk mencukupi kebutuhan ini. 

4 Ciri Sumber Air yang Baik

Tidak semua sumber air bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita. Terlebih untuk kebutuhan masak dan minum. Berikut ini beberapa ciri sumber air yang bagus untuk dikonsumsi.

1. Air Jernih dan Tidak Keruh

Kita dapat mengenali sumber air yang baik dengan melihat kejernihan airnya. Air yang keruh menandakan bahwa telah tercemar atau tercampur dengan partikel lain seperti lumpur. Air keruh ini tidak layak dijadikan sebagai air konsumsi seperti minum dan memasak. Bahkan air yang jernih pun harus dipastikan lagi kebersihannya.

2. Tidak Mengandung Warna

Air bisa menjadi berwarna jika tercemar oleh zat-zat yang berbahaya. Contohnya air yang tercemar limbah bisa berwarna merah, kuning, bahkan hitam. Air seperti ini jelas tidak layak untuk kebutuhan MCK dan konsumsi.

3. Tidak Memiliki Rasa atau Tawar

Air yang bagus untuk dikonsumsi adalah air yang tidak mengandung unsur apapun sehingga rasanya tawar. Untuk memastikan air benar-benar tawar, hal yang bisa Anda lakukan adalah mencicipinya secara langsung.

4. Tidak Mengandung Bakteri dan Zat Kimia Berbahaya

Ciri mata air yang baik selanjutnya yaitu tidak mengandung bakteri. Bakteri yang rawan terkandung dalam air yaitu E Coli. Oleh sebab itulah, sebaiknya Anda tidak mengambil air tanah dari area yang dekat dengan pembuangan kotoran manusia atau hewan.

Selain itu, air yang layak untuk dikonsumsi tidak boleh mengandung bahan kimia yang berbahaya. Zat kimia berbahaya antara lain amoniak, sulfida, merkuri, timah, dan arsen.

Sumber air yang digunakan sebagai bahan baku aqua diambil dari mata air pegununganyang memenuhi syarat di atas. Aqua juga mengandung mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi aqua, secara otomatis Anda ikut menyukseskan program bijak berplastik karena Aqua sudah menggunakan botol recycle. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di https://www.sehataqua.co.id/aqualife/.

Tidak ada komentar