Breaking News

Kenali Dulu Maknanya Berikut untuk Bisa Berpuasa dengan Ikhlas

Kenali-Dulu-Maknanya-Berikut-untuk-Bisa-Berpuasa-dengan-Ikhlas

Bulan Ramadhan akan menjelang tidak lama lagi yang berarti umat muslim memiliki kewajiban untuk berpuasa selama satu bulan penuh sebelum menjelang hari raya Idul Fitri. Berpuasa memang menjadi sebuah kewajiban bagi umat muslim yang sudah baliq dan berakal sehat. Ibadah ini sangat unik karena yang bisa menilai kualitas berpuasa yang dilakukan hanyalah Allah SWT. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus dari sahur hingga berbuka namun juga menahan hawa nafsu dan emosi di dalam hati dan pikiran. Hal inilah yang tidak bisa terlihat oleh mata namun bisa diketahui oleh Sang Pencipta.

Puasa pun harus dilakukan dengan ikhlas agar Anda mendapatkan pahala dari amalan tersebut. Keikhlasan merupakan ilmu yang tinggi nilainya sehingga perlu Anda pelajari dan amalkan setiap saat untuk terbiasa. Dalam hal ibadah puasa, keikhlasan beribadah bisa Anda dapatkan jika mengetahui makna sebenarnya dari berpuasa dan meresapinya secara spiritual. Apa sih makna ibadah puasa yang sebenarnya? Makna berpuasa adalah menahan diri dari hal-hal yang tidak disukai Allah SWT dan menahan hawa nafsu baik secara fisik maupun batin. Jadi seseorang saat berpuasa harus lebih menjaga lisan, mata, hati dan perbuatannya dari apa saja yang tidak disukai Allah SWT. Orang lain dapat melihat kita tidak makan atau minum selama berpuasa, namun mereka tidak bisa melihat hati dan pikiran kita. Karena itulah ibadah puasa hanya untuk Allah SWT.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SWT pernah bersabda bahwa ada lima hal yang membuat puasa tidak sah yaitu berbohong, menggunjing, mengadu domba, sumpah palsu, dan melihat dengan syahwat. Dari hadist tersebut, menjaga diri dari hawa nafsu sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa dengan seutuhnya. Ibadah puasa merupakan tameng umat muslim dari api neraka dan menjadi salah satu pilar agama.

Dengan mengetahui makna puasa di atas, diharapkan umat muslim bisa melakukannya dengan ikhlas dan mengharap penuh atas pengampunan dari Allah SWT kelak di hari akhir. Tertarik mengetahui informasi seputar puasa yang lainnya? Anda bisa mendapatkan berbagai artikel menarik seputar bulan Ramadhan di blog EF First.

Tidak ada komentar