Breaking News

Trik Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil

Trik-Mendapatkan-Modal-Usaha-untuk-Bisnis-Kecil

Memulai bisnis kecil atau rumahan, terlihat sangat mudah dan menjanjikan. Memiliki modal kuat, salah menjadi salah satu faktor terkuat sebuah bisnis. Bagi sebagian orang, mereka memiliki ide-ide bisnis yang sangat kreatif namun terhambat oleh minimnya modal usaha untuk memulai bisnis mereka. Terdapat beberapa trik mendapatkan modal usaha untuk bisnis ukuran kecil atau rumahan yang akan kita bahas.

1. Tabungan

Tabungan disini bisa berarti uang dari hasil bekerja sebelumnya. Gaji tersebut memang sudah di alokasikan untuk modal usaha. Jangan sampai uang kebutuhan rumah tangga ikut d gunakan sebagai modal usaha. Namun perlu anda perhatikan bahwa uang tabungan yang anda gunakan sebagai modal usaha tersebut paling tidak bisa kembali modal. Sehingga anda tidak kehilangan tabungan yang sudah anda sisihkan selama ini.

2. Pinjaman bank

Pinjaman ke bank ini bukanlah solusi baru. Baik pengusaha yang baru merintis atau bahkan pengusaha profesional, mereka masih melakukan pinjaman ke bank untuk keperluan bisnisnya. Namun bagi yang sedang merintis, yang perlu diperhatikan adalah anda harus mampu membayar cicilan setiap bulan sampai masa kontrak habis. Meskipun kondisi bisnis yang belum stabil atau belum mengalami peningkatan, anda tetap harus membayar tagihan tersebut.

3. Menjual aset

Anda dapat menjual aset atau menggadaikannya untuk mendapatkan sejumlah uang yang anda butuhkan. Apabila anda terlalu sayang pada aset atau barang anda, anda dapat menggadaikan barang anda. Sehingga nanti di kemudian hari anda dapat menebusnya kembali.

4. Mencari partner

Ini adalah trik mendapatkan modal usaha terbaik, yaitu dengan mencari partner kerja atau rekan kerja yang bisa dan mampu diajak bekerja sama dalam tim. Dengan menjalankan bisnis bersama-sama, anda dapat memikirkan solusinya secara bersama-sama. Mulailah coba menawarkan kerjasama ke keluarga anda atau kerabat dekat anda.

Pastikan anda memperhitungkan modal anda sebelum memulai bisnis. Jika modal berasal dari orang lain, maka anda juga harus mempertimbangkan untuk mengembalikannya. Semoga beberapa trik mendapatkan modal usaha di atas dapat bermanfaat bagi anda yang akan memulai usaha atau bisnis.

Tidak ada komentar