Breaking News

Tips Mencuci Motor yang Baik dan Benar

Tips-Mencuci-Motor-yang-Baik-dan-Benar

Setiap pengguna sepeda motor tentunya ingin kendaraan mereka selalu tampil keren dan bersih. Tak heran bila sebagian orang selalu menyempatkan waktunya untuk mencuci motornya secara rutin. Namun tahukah Anda? Ternyata mencuci motor pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Dengan tips mencuci motor yang benar, selain membuat motor Anda bersih, Anda pun dapat menghindari kesalahan saat mencuci motor yang dapat berujung pada kerusakan.

1. Siram Motor Dengan Air Terlebih Dulu

Sebelum mencuci motor, langkah pertama yang sudah seharusnya dilakukan adalah menyiramnya dengan air. Tapi kenyataannya masih banyak pemilik yang menyiram motor agar sekedar basah, lalu menggosoknya langsung dengan sabun beserta kotoran yang masih menempel. Hal tersebut sebenarnya dapat beresiko menggores cat pada bodi motor. Maka dari itu, saat mencuci motor sebaiknya siram dulu kotoran yang ada pada bodi motor hingga rontok, lalu baru menggosoknya dengan sabun.

2. Cuci Motor Dalam Keadaan Dingin

Tanpa ditutupi bodi motor yang berbalut plastik, pada dasarnya hampir semua komponen utama motor terbuat dari besi yang dapat memuai jika terkena panas. Sehingga setelah Anda gunakan bepergian ada baiknya istirahatkan motor Anda terlebih dulu sebelum dicuci. Tips mencuci motor yang benar ini akan berguna untuk menurunkan resiko korosi dan keretakan pada bagian motor yang terbuat dari besi akibat pendinginan secara paksa.

3. Hindari Menyemprotkan Air Dengan Tekanan Tinggi

Jaman sekarang kebanyakan cucian motor menggunakan air bertekanan tinggi untuk hasil cuci yang bersih dan cepat. Hal ini memang efisien dalam membersihkan kotoran yang menempel di bodi maupun sela-sela motor. Namun sayangnya cara ini juga mengakibatkan terkikisnya lapisan cat pada bodi motor, serta membuat oli di rantai ikut terbawa tekanan air.

Oleh karena itu meskipun memakan waktu yang lebih lama, ada baiknya bila Anda sendiri yang membersihkan motor kesayangan Anda. Tips mencuci motor yang benar yaitu, Anda bisa membersihkannya menggunakan bantuan air selang yang bertekanan rendah serta dibantu dengan kombinasi kain dan sabun motor.

Tidak ada komentar