Breaking News

4 Eksoplanet Ini Ditemukan NASA Mirip Bumi

4-Eksoplanet-Ini-Ditemukan-NASA-Mirip-Bumi

Exoplanet Discovery atau penemuan planet-planet di luar tata surya semakin ramai diperbincangkan di media sosial. Paling anyar yaitu ditemukannya 4 eksoplanet oleh NASA yang disinyalir memiliki kriteria planet layak huni. Kabar ini tentunya sangat mengejutkan, terutama bagi para ahli astronomi dunia. 

Keempat planet tersebut mengorbit pada bintang yang memiliki jarak 39 tahun cahaya dari bumi. Dengan munculnya kabar ini, kemungkinan menemukan planet layak huni selain bumi semakin terbuka lebar. 

Proses Penemuan 4 Eksoplanet 

Tim NASA asal Belgia berhasil mendeteksi keempat planet tersebut dengan menggunakan teropong luar angkasa. Keempat planet tersebut mengelilingi bintang bernama TRAPPIST-1. TRAPPIST-1 merupakan bintang berukuran kecil, ukurannya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan planet Yupiter. TRAPPIST-1 memiliki jarak sekitar 39 tahun cahaya dari bumi dan lebih ‘dingin’ dibandingkan bintang-bintang yang ada kosmos. 

Karena alasan tersebut, para ahli astronomi meyakini bahwa TRAPPIST-1 merupakan sumber energi yang ideal bagi tanda-tanda kehidupan di keempat planet tersebut. TRAPPIST-1 2000 kali lebih redup dibandingkan matahari, sehingga tidak menimbulkan efek yang terlalu ekstrem bagi planet-planet disekitarnya. 

Para ahli meyakini bahwa tata surya baru yang jaraknya 39 tahun cahaya dan didalamnya terdapat planet maka kemungkinan besar didalamnya terdapat sumber kehidupan yaitu air. TRAPPIST-1 System atau sistem solar diluar Solar System memiliki 7 buah planet dengn 4 planet yang masuk dalam kriteria kemungkinan memiliki kandungan air. Selain itu jarak antara bintang dengan planet-planet sekitarnya juga memungkinkan ditemukan adanya kandungan air. 

Ukuran dari eksoplanet-eksoplanet tersebut bervariasi, ada yang 25 % lebih kecil dan 10% lebih besar dari bumi, jadi ukuran-ukurannya relatif kecil. Para ahli juga mengemukakan bahwa TRAPPIST-1 akan terlihat dari planet-planet 10 kali lebih besar jika dibandingkan dengan matahari yang terlihat di langit. Tentunya hal ini akan menjadi pemandangan luar biasa, jika manusia berhasil menginjakan kaki disana. 

Kemungkinan Adanya Kehidupan 

Para peneliti mengklaim dibutuhkan sekitar 10 tahun kedepan untuk menentukan apakah terdapat tanda-tanda kehidupan didalam eksoplanet-eksoplanet tersebut. Jika dilihat secara inderawi, terdapat beberapa eksoplanet yang presentasinya sangat mirip dengan bumi yaitu eksoplanet ke 4 dan ke 5 pada TRAPPIST-1 System. 

Ahli astronomi kini fokus pada investigasi apakah keempat planet tersebut memiliki atmosfir atau tidak. Jika terdapat, maka sangat mudah melihat adanya tanda-tanda kehidupan disana. Kabar terbaru mengenai Exoplanet Discovery ini tentunya menjadi kabar gembira, terutama ditengah semakin rapuhnya kehidupan di bumi. 

Tidak ada komentar