Breaking News

Mengobati Diare pada Anak

Mengobati-Diare-pada-Anak

Diare disebabkan oleh virus, bakteri dan lain sebagainya. Biasanya ditandai dengan keluarnya tinja yang cair dan dalam waktu yang sering. Penyakit ini akan sangat mengganggu aktivitas anda, dan bagaimana jika penyakit ini diderita oleh anak? 

Anda tidak perlu khawatir, yang harus pertama kali anda lakukan adalah memberikan cairan pengganti cairan yang hilang, misalnya oralit, untuk membuatnya, anda cukup melarutkan satu sendok garam dapur dan satu sendok teh gula pasir dalam satu liter air. Jika anak anda masih bayi, berikan ASI sesering mungkin untuk meningkatkan nutrisi. Adapun obat diare pada anak alami resep dokter, yaitu. 

· Air kelapa 

Merupakan cairan yang dapat memulihkan bayi yang mengalami diare, karena mengandung kalium, sehingga dapat memenuhi kembali cairan yang hilang. Berikan air kelapa sebanyak 2-3 kali dalam sehari kepada anak anda yang mengalami diare. 

· Teripang emas 

Berdasarkan penelitian, teripang emas mengandung 44% protein, 3-5% karbohidrat dan kurang lebih 2 % lemak. Selain itu mengandung juga zat bioaktif seperti asam lemak esensial, vitamin, asam amino, mineral dan sebagainya. Teripang emas di Malaysia dilkenal sebagai sea cucumber. Menurut ahli mengandung anti bakteri, sehingga meminimalisasi rasa mulas yang berlebihan, memulihkan stamina tubuh, dan menahan rasa ingin buang air besar. 

Adapun beberapa obat yang disediakan di apotek untuk mengatasi masalah diare diantaranya. 

· Obat diare untuk anak berusia lebih dari 2 bulan 

Interzinc 20 mg box 10 tablet. Obat yang mengandung Zn sulfate 20 mg, mampu mengobati diare pada usia anak 2 bulan. Peraturan pemberiannya untuk anak 2-6 bulan sebanyak 0,5 tablet per hari. Sedangkan pada anak 6 bulan – 5 tahun sebanyak 1 tablet perhari. Obat diberikan selama 10 hari secara berturut-turut meskipun diare telah berhenti. 

· Obat diare untuk anak berusia 6-12 tahun 

Kaotin suspensi 60 ml, merupakan obat untuk membantu simtomatik pada diare yang disebabkan pencernaan yang tidak normal, atau diare yang disebabkan oleh hal lain. Komposisinya, kaolin 985 mg, pektin 22 mg. Dosisnya 3 sendok takar setara dengan 15 ml per hari, untuk informasi harga dan apotek penyediaannya bisa cek di https://www.goapotik.com/

Tidak ada komentar