Breaking News

Masih Belum Kenalan Dengan Jenis dan Teknik SEO? Yuk Simak Lagi Penjelasannya!

Masih-Belum-Kenalan-Dengan-Jenis-dan-Teknik-SEO-Yuk-Simak-Lagi-Penjelasannya
Sumber gambar: pixabay

SEO kepanjangan dari search engine optimization, merupakan serangkaian proses yang kegiatannya dilakukan secara sistematis. Tujuannya sendiri yakni untuk meningkatkan trafik dari mesin pencari untuk masuk ke alamat web tertentu, memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma search engine tersebut. Prospek kerja SEO saat ini cukup besar, terlebih di era teknologi yang mana perusahaan pasti memiliki website. Di perusahaan besar, biasanya ada divisi khusus yang menangani masalah website dan SEO ini. 

Bagi yang tertarik bekerja di bidang SEO, pemahaman mengenai berbagai jenis SEO secara umum maupun teknik SEO yang digunakan merupakan hal penting. Berikut ini rincian mengenai jenis SEO secara umum, diantaranya: 

Page SEO 

Jenis SEO satu ini dilaksanakan dengan memodifikasi nama halaman. Jenis SEO ini memanfaatkan modul rewrite, dengan menggunakan bantuan htaccess (pengguna bisa mengganti nama sesuai dengan keinginan). Kelebihannya Teknik ini juga bisa meningkatkan keamanan web dari user yang memiliki niat jahat. 

Title SEO 

Title dari sebuah halaman terbagi menjadi dua bagian, diantaranya title statis dan title dinamis. jika membuat jenis title statis, secara otomatis di tol tersebut berlaku untuk semua halaman website. Sedangkan untuk title dinamis biasanya merujuk kepada judul sebuah artikel, biasanya title bar disesuaikan dengan judul artikel. 

Jika berbeda judul artikel yang diposting, maka di title bar yang tampil juga akan berbeda disesuaikan dengan judul artikel. Jenis sel yang satu ini cukup mudah untuk dipahami, namun jika ingin mengenal lebih dalam bisa mengikuti kursus SEO murah yang tersedia di berbagai tempat kursus. 

Url SEO 

Jenis SEO ini hampir sama dengan page SEO, hanya saja url SEO lebih dinamis sifatnya. Biasanya yang menjadi url merupakan judul artikel, seperti misal artikel 'pelaku sejarah' maka urlnya 'http://www.namadomain.com/pelaku-sejarah.html'. where yang satu ini tentu lebih mudah diingat, jika dibandingkan dengan url seperti 'http://www.namadomain.com/artikel.php?id=12 (format umum tanpa menggunakan SEO). Dengan menggunakan seo jenis ini, akan lebih relevan untuk search engine. 

Content SEO 

Sesuai dengan namanya content yang berarti isi, merupakan teknik SEO dengan cara menulis konten artikel yang sangat relevan dan mendukung sesuai dengan judul artikelnya. Teknik SEO yang satu ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis, targetnya konsumen dari berbagai jenis. 

Dalam dunia bisnis, prospek kerja SEO saat ini semakin meningkat. Kebutuhan akan strategi Marketing digital pelaku bisnis, menjadi alasan mengapa banyak ahli yang dibutuhkan di berbagai perusahaan besar khususnya. Dalam dunia SEO, ada tiga jenis teknik yang diketahui secara umum diantaranya: 

White hat SEO 

Teknik SEO yang satu ini merupakan teknik yang mengikuti aturan search engine, bisa dikatakan merupakan cara bersih dalam melakukan search engine optimization. Sesuai dengan namanya, segala sesuatu yang bersih membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam prosesnya. Teknik SEO yang satu ini hanya memastikan artikel yang dipublish merupakan artikel original, dengan konten/isi yang tentunya sesuai dengan judul. Teknik satu ini merupakan cara terbaik dan teraman yang dilakukan, sehingga peringkat tertinggi pada mesin pencari lebih mudah dicapai dan bertahan lama. 

Ada beberapa jenis dari teknik SEO satu ini, seperti optimasi pada URL, on page yang baik, optimasi konten, template atau tampilan, link building berkualitas, backlink berkualitas, optimasi kata kunci, dan meta tag. 

Black hat SEO

Masih sesuai dengan namanya, black hat SEO merupakan kebalikan dari white hat SEO. Cara yang dilakukan melalui teknik SEO satu ini melanggar aturan dari mesin pencari. Penggunaan Teknik ini memang terbilang cepat untuk menaikkan peringkat pada mesin pencari, hanya saja tidak menjamin posisi tersebut akan bertahan lama. Salah salah website yang menggunakan teknik ini malah diblokir oleh mesin pencari, jadis sebaiknya hindari penggunaan teknik ini. 

Teknik yang digunakan biasanya dilakukan secara agresif dalam membangun link building, seperti memburu ribuan backlink untuk waktu yang singkat. Ada beberapa contoh teknik black hat SEO, diantaranya interlinking, link farming, ternak link, teks dan link tersembunyi, melakukan spam komen, keyword stuffing, pengulangan judul, dan doorway. Untuk memahami lebih jelas mengenai teknik SEO, bisa mengikuti kursus SEO murah yang banyak ditawarkan oleh tempat kursus. 

Grey hat SEO 

Teknik SEO ini menggabungkan dua teknik di atas, yakni antara white hat SEO dan black hat SEO. Teknik yang satu ini mencari celah di antara dua teknik di atas, istilah lain menyebutkan Teknik ini menggunakan black hat namun mencapai hasil white hat. 

Menggunakan expired domain atau membangun link yang bersifat transaksional atau dapat memicu social signal, keduanya merupakan teknik populer dalam SEO yang dilarang untuk digunakan. Meski menggunakan teknik grey hat SEO, bukan berarti Google tidak akan mengetahui mengenai hal ini. Umumnya teknik yang melanggar akan sangat mudah untuk dideteksi. 

Bagi yang masih belum paham mengenai SEO, informasi rincinya bisa ditemukan di berbagai artikel lainnya yang membahas bidang ini. Bagi yang tertarik berperan sebagai spesialis SEO dengan mendapatkan prospek kerja SEO yang luas, bisa mendalami bidang SEO dengan mengikuti kursus yang tersedia secara offline maupun online.

Tidak ada komentar