Breaking News

Nasi Merah atau Putih Sarapan Sebelum Olahraga


Sebelum olahraga, badan perlu konsumsi daya supaya masih kuat sepanjang latihan. Tetapi ada berita yang mengatakan jika makan nasi sebelum olahraga itu tidak dibolehkan. Apakah benar demikian? 

Makan nasi sebelum olahraga tentunya bisa. Nasi terhitung satu diantara sumber karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Berdasarkan info dari USA Rice Information, nasi memiliki kandungan semakin banyak karbohidrat dibanding dengan kentang untuk bagian yang sama. 

Dikutip dari situs American Heart Association, American College of Sports Medicine mengatakan jika konsumsi makanan serta cairan yang cukup sebelum, sepanjang, serta sesudah olahraga sangat disarankan. 

Ini menolong jaga kandungan gula darah sepanjang olahraga, mengoptimalkan kapasitas, serta percepat pemulihan pascalatihan. Karbohidrat, protein, serta lemak adalah tiga zat gizi penting yang semestinya dikonsumsi sebelum olahraga. 

Lebih baiknya makan nasi merah atau putih sebelum olahraga? 

Nasi merah adalah sumber karbohidrat yang disarankan dikonsumsi sebelum olahraga. Ini sebab nasi merah ialah sumber karbohidrat kompleks yang dapat jadi sumber daya periode panjang. 

Dibanding dengan karbohidrat simpel seperti nasi putih, nasi merah diserap oleh badan lebih lamban. Masalahnya nasi merah mempunyai indeks glikemik rendah serta kandungan serat yang lumayan tinggi. 

Saat diserap lebih lamban, satu orang mempunyai cadangan daya yang lebih sepanjang olahraga. Dengan demikian, dia tidak gampang lemas. 

Sesaat nasi putih jadi kelompok karbohidrat simpel umumnya diserap cepat sekali. Ini beresiko membuat satu orang alami penurunan daya sebelum latihan usai. Jangan makan nasi putih bila Anda jarang-jarang olahraga 

Nasi merah memang lebih baik. Tetapi bukan bermakna Anda tidak bisa makan nasi putih sebelum olahraga. Nasi putih baik dikonsumsi untuk Anda yang lakukan olahraga berat, seperti angkat beban. 

Nilai indeks glikemiknya yang tinggi dapat membuat penyerapan gula jadi lebih cepat. Dengan demikian, bahan bakar badan dapat juga bertambah cepat didapatkan hingga cukup memberikan keuntungan untuk latihan-latihan berat. 

Diluar itu, nasi putih dipandang aman dikonsumsi oleh siapa juga sebab tidak memunculkan tanda-tanda alergi atau permasalahan pencernaan. Nasi putih dipandang seperti sumber karbohidrat yang gampang diolah serta dapat dibuktikan penuhi referensi nutrisi untuk olahraga. 

Tetapi butuh diingat jika nasi putih bukan pilihan yang baik untuk Anda yang olahraganya kurang dari 4 kali per minggu atau mempunyai penyakit metabolisme. Semestinya, konsumsilah nasi merah jadi makanan sehat serta pada nutrisi supaya badan masih bugar sepanjang serta sesudah olahraga. 

Kapan waktu makan yang pas? 

Supaya pencernaan tidak terusik, upayakan untuk makan nasi plus lauk yang lain 2 sampai 3 jam sebelum olahraga. Maksudnya supaya badan mempunyai waktu cukup untuk mengolah makanan yang nanti akan dipakai jadi sumber daya. Diluar itu, hal ini menghindari perut Anda dari rasa sakit serta mual sesudah olahraga. 

Tetapi bila Anda merencanakan konsumsi makanan lain tidak hanya nasi, konsumsilah 30 sampai 60 menit sebelum latihan diawali. Bila Anda cuma punyai waktu 5 sampai 10 menit, konsumsilah buah seperti pisang atau apel jadi pengganjal perut.

Tidak ada komentar