Breaking News

Tips Jaga Stamina Tubuh Sebelum Anda Berkendaraan Jauh


Menyetir kendaraan jarak jauh, seringkali membuat badan cepat diserang capek. Ini akan beresiko jika dipaksakan, sebab dapat membuat konsentrasi berkendara buyar hingga punya potensi kecelakaan. 

Jadi butuh sekali pengemudi menyiapkan diri buat memelihara stamina tubuh, saat lakukan perjalanan panjang. 

Memberi respon utamanya hal itu, Chevrolet Indonesia bersama dengan ahli kesehatan dr. Daniel Bramantyo coba ungkap beberapa jurus jaga keadaan badan, saat ada dibalik kemudi. Ditambah lagi waktu perjalanan jauh. 

1. Jadwal tidur 6-8 jam 

Keadaan badan sempurna sebelum berkendara telah jadi kewajiban, alias jangan pernah pengemudi kurang istirahat. Jadi persiapan fisik butuh dikerjakan diantaranya dengan tidur cukup, dengan skema 6-8 jam. 

2. Siaga konsumsi makanan 

Jauhi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi serta gas seperti nasi putih, pasta, sereal, serta roti. Pilih camilan-camilan temani perjalanan seperti buah, sayuran, atau juice. 

Diluar itu, pengemudi semestinya konsumsi makanan yang kaya serat, seperti makanan yang memiliki kandungan kacang-kacangan, gandum, dan susu supaya tidak memunculkan kantuk waktu berkendara. 

3. Hindari dehidrasi 

Minum air putih cukup, dapat menghindarkan pengemudi dari dehidrasi. Ada studi menjelaskan, jika pengemudi terhidrasi cukup dapat lebih konsentrasi serta lebih cakap dalam berkendara. 

Jauhi minuman berkafein (seperti kopi, soda serta teh), berkadar gula tinggi (paket), dan minuman tambah energi serta mengandung alkohol waktu mengemudi. 

4. Tetapkan waktu berkendara 

Waktu berkendara bisa memengaruhi tingkat kecapekan pengemudi, karenanya butuh pilih waktu berkendara yang pas. 

Saat pagi hari, kadang ada di tempat menantang cahaya matahari serta itu dapat percepat tingkat kecapekan. Tetapi malam hari dapat juga buat fisik jadi capek, sebab dampak pencahayaan dari lampu jalan, lampu mobil dan dalam keadaan cuaca sedang hujan yang bisa menyebabkan keadaan fisik bertambah tegang, hingga badan makin cepat capek. 

5. Sikap duduk 

Kunci meminimalisis tubuh cepat capek ialah mengendalikan sikap duduk. Sikap duduk yang paling dikerekomendasikan tegak 90 derajat. Jika sikap duduk begitu landai ke belakang, badan di bagian sisi leher serta pundak akan desakan beban. 

Pasalnya ruang itu akan melayang-layang karena tidak tertopang oleh headrest. Jadi pokoknya mengatur bangku senyaman mungkin, dengan badan tegak serta kaki sampai pedal gas secara baik. Selanjutnya ke-2 tangan ada pada kemudi (terkecuali waktu ganti gigi). 

6. Regangkan otot-otot 

Dalam lakukan perjalanan jauh, semestinya sempatkan diri untuk renggangkan otot-otot khususnya dibagian kaki, untuk menghindarkan Deep Vein Thrombosis (DVT), yakni penggumpalan darah pada kaki yang dikarenakan kelamaan duduk. 

Kerjakan pekerjaan pengenduran otot simpel di mobil, seperti membalikan tubuh ke kanan serta ke kiri, mengusung kaki lalu memutar tumit serta menundukan kepala ke bawah serta ke atas. Beberapa kegitan itu bisa menolong untuk memulihkan otot yang renggang karena kelamaan bekendara. 

7. Jauhi Stress 

Supaya perjalanan jadi menyenangkan, semestinya targetkan perjalanan lebih dini untuk menghindarkan jam-jam kemacetan di sejumlah tempat tersendiri. Diluar itu, dapat jugamendengarkan musik favori, untuk kurangi tingkat stress serta kejenuhan, dalam bekendara jarak jauh

Tidak ada komentar