Breaking News

Yang Boleh dan Tidak Boleh Diberikan Sebagai MPASI untuk Bayi Anda

Yang-Boleh-dan-Tidak-Boleh-Diberikan-Sebagai-MPASI-untuk-Bayi-Anda

Jika Anda adalah seorang ibu yang baru melahirkan bayi yang lucu, Anda harus mulai membekali diri dengan MPASI. Walaupun anak Anda baru saja lahir kemarin, Anda perlu menyiapkannya dari sekarang. Waktu akan cepat berlalu dan tiba-tiba saja Anda mendapati buah hati Anda sudah siap untuk mencoba makanan pertamanya. Jika Anda tidak menyiapkannya sejak jauh hari, mau kapan lagi? 

MPASI merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI. Diberikan kepada bayi yang sudah berusia 6 bulan. Kurang dari 6 bulan, Anda tidak disarankan memberikan makanan apapun selain ASI. Karena pencernaan si kecil baru mulai aktif setelah memasuki umur 6 bulan. Pada waktu inilah, Anda boleh memberikan asupan gizi dari sumber selain ASI. 

Proses pemberian makanan pendamping ASI ini penting lho. Bayi akan dilatih untuk belajar mengunyah dan menelan makanan padat. Jika proses ini dilewati, dikhawatirkan bayi Anda akan kesulitan untuk makan makanan padat setelahnya. 

Yang perlu diketahui dengan baik, pemberian makanan pendamping tidak boleh sembarangan. Anda sebagai orang tua harus memperhatikan makanan yang baik untuk pertumbuhan si kecil, terutama untuk kesehatan pencernaannya. Meskipun si kecil sudah mulai bisa menerima makanan padat, bukan berarti semua makanan yang ada di rumah boleh diberikan kepada buah hati Anda. 

Berikut ini merupakan jenis MPASI yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada si kecil. kami rangkum semuanya khusus untuk Anda dan buah hati kesayangan. 

Menu yang Boleh Diberikan untuk Anak 

Secara umum, jenis MPASI terbaik yang boleh diberikan kepada anak Anda berasal dari sayur dan buah. Sayur dan buah ini tidak hanya memiliki kandungan yang baik untuk tumbuh kembang si kecil, tapi juga baik untuk pencernaannya karena mudah dicerna. Berikut ini 10 jenis makanan pendamping terbaik yang bisa Anda berikan kepada buah hati : 

  1. Alpukat 
  2. Pisang 
  3. Brokoli 
  4. Ubi 
  5. Bayam 
  6. Wortel 
  7. Labu 
  8. Lobak 
  9. Kentang 
  10. Zucchini 

Menu yang Tidak Boleh Diberikan untuk Anak 

Setelah mengetahui makanan pendamping terbaik yang boleh kepada si kecil, sekarang saatnya Anda mengetahui jenis makanan yang tidak boleh diberikan. Makanan ini hampir selalu menarik perhatian buah hati Anda karena bentuknya yang lucu atau karena rasanya yang gurih. Sayangnya, jenis makanan ini tidak baik untuk tumbuh kembang si kecil. Kandungan yang ada di dalamnya juga berpotensi menimbulkan masalah pada buah hati Anda. 

Jika Anda memiliki makanan berikut ini, jangan berikan kepada si kecil yang baru mencicipi makanan pertamanya : 

  1. Keripik dan biskuit 
  2. Fast food 
  3. Coklat dan permen 
  4. Minuman ringan bersoda 
  5. Sari buah 

Nah, itulah jenis makanan yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada sang bayi yang baru mencicipi makanan pertamanya. Penting bagi Anda sebagai orang tua untuk memenuhi gizi yang didapat si kecil agar nantinya tumbuh kembang buah hati Anda tidak terganggu. 

Selain memilih jenis makanan terbaik, Anda juga perlu memperhatikan proses pengolahannya dan jumlah atau takaran yang Anda berikan. Bayi yang sudah siap makan bukan berarti bisa makan dalam jumlah yang banyak. Apalagi harus mencerna sesuatu yang keras. 

Sebagai orang tua, bekali diri Anda dengan pengetahuan akan kebutuhan gizi si kecil. Gizi yang cukup sangat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil. ASI sebenarnya sudah cukup memenuhi gizi yang dibutuhkan bayi. Tapi dengan memberikan MPASI yang sesuai, si kecil akan bertumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Tidak ada komentar