Breaking News

Berikut Langkah Menyembuhkan Luka Karena Terkena Air Panas


Terkena atau bahkan juga tersiram air panas membuat kulit melepuh. Bila tidak selekasnya diatasi, cedera melepuh karena tersiram air panas akan sangat terasa sakit serta perih. Yuk, lihat langkah menyembuhkan cedera terkena air panas di bawah ini. 

Sesudah kulit Anda tersiram air panas, upayakan tidak untuk cemas. Lihat dulu apa kulit Anda alami cedera bakar mudah atau begitu kronis. Bila masih termasuk mudah, Anda dapat mengobatinya di dalam rumah tak perlu pergi ke rumah sakit. 

1. Mendinginkan kulit 

Sekejap sesudah Anda terserang air panas, upayakan untuk langsung menempatkan barang yang berisi air panas itu jauh dari jangkauan Anda. Jika Anda memakai aksesori atau perhiasan pada kulit yang melepuh, selekasnya bebaskan sebab dapat mengakibatkan pembengkakan pada kulit. Langkah berikut ialah pertolongan pertama untuk menyembuhkan cedera terkena air panas. 

Lalu, siram sisi yang melepuh dengan air dingin sepanjang 20 menit. Ini dikerjakan untuk hilangkan panas di kulit. Usahakan tidak untuk memakai es batu atau air berisi es batu. 

Bila ruang yang tersiram air panas begitu lebar, janganlah langsung menyeburkan diri Anda ke air dingin. Pergantian suhu tubuh dengan mendadak dapat jadi parah keadaan kulit. 

2. Menutupi ruang yang tersiram air panas 

Sesudah kulit yang melepuh telah dingin, balut wilayah itu dengan kain bersih atau perban yang cukup lembab atau kassa steril. Ini dikerjakan supaya kulit tidak terserang bakteri atau infeksi apa pun. 

3. Mengecek kembali 

Sebetulnya, cedera bakar yang berlangsung karena terkena air panas masih termasuk begitu mudah, Anda dapat menyembuhkan lukanya di dalam rumah. Tetapi, ada banyak tanda-tanda yang mewajibkan Anda untuk pergi ke rumah sakit supaya memperoleh pertolongan medis. 

  • Ukuran lukanya semakin besar dibanding tangan Anda 
  • Ruang yang tersiram air panas mencakup muka, tangan, lengan, kaki, atau alat kelamin. 
  • Rasa ngilu yang begitu kronis 
  • Anda rasakan tidak enak tubuh atau mempunyai kisah penyakit diabetes 
  • Tidak meyakini apa pertolongan medis diperlukan ataukah tidak, khususnya bila anak Anda yang alami ini. 

4. Lakukan penyembuhan di dalam rumah 

Tidak hanya pergi ke rumah sakit, langkah lain untuk menyembuhkan cedera yang terkena air panas ialah lakukan perawatan di dalam rumah. Nah, di bawah ini ialah beberapa tips yang dapat Anda kerjakan bila tersiram air panas serta cedera yang didapatkan tidak demikian kronis, alias masih termasuk mudah. 

  • Janganlah memoleskan cream, minyak atau mentega, pasta gigi serta salep ke ruang yang tersiram air panas. 
  • Ganti perban yang menutupi cedera minimum 2x satu hari atau bila telah berasa lembab. 
  • Janganlah pecahkan tonjolan yang mungkin dikarenakan oleh lepuhan itu. 
  • Masih menutupi ruang yang terbakar sampai pulih. 

Tidak hanya beberapa cara diatas, Anda dapat juga minum obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen atau ibuprofen. Kedua-duanya dapat dipakai untuk menangani rasa sakit yang muncul karena tersiram air panas. 

Tidak ada komentar