Breaking News

Banyak Mitos Tentang Cacar Air, Berikut Beberapa Mitos


Cacar air ialah penyakit menyebar yang dapat menyerang semua barisan umur. Tanda-tanda yang muncul berbentuk ruam serta gatal pada kulit, demam mudah, sampai timbulnya lenting pada semua badan serta muka. Banyak mitos yang tersebar yang membuat orang salah kaprah mengenai langkah. Nah, apa ya mitos serta bukti sekitar penyakit cacar air? 

Anda tentunya seringkali dengar jika orang yang sempat terserang cacar air tidak terjangkit untuk ke-2 kalinya. Duh, benar tidak ya berita itu? Apa ada mitos lain yang semestinya tidak Anda percayai? 

1. Tidak terkena herpes zoster bila sempat cacar air 

Herpes zoster dikarenakan oleh virus yang membuat Anda terserang cacar air. Sesudah itu, virus itu akan tinggal di badan Anda walau tidak berpengaruh apa pun pada kesehatan Anda. 

Namun, bila skema imun Anda sedang meleng, virus itu dapat aktif kembali serta mengakibatkan Anda terserang herpes zoster. Seputar 1 dari 5 orang yang sempat alami cacar air nyatanya menanggung derita herpes zoster sesudahnya. 

2. Cuma orang dewasa yang rawan herpes zoster

Tunggu dahulu, mitos ini tidak seutuhnya benar. Tiap orang dari semua umur mempunyai kesempatan untuk terserang penyakit ini. Bahkan juga, anak yang berumur di bawah 12 bulan memiliki risiko terjangkit herpes zoster. Namun, memang herpes zoster atau cacar api ini umumnya terkena oleh orang yang berusia lebih dari 50 tahun. 

3. Bila pernah terkena, tidak cacar 

Ini ialah mitos yang terbanyak dipercayai. Tuturnya, penyakit cacar air cuma berlaku 1x seumur hidup. Sebenarnya, saat Anda atau anak Anda terserang cacar air, badan akan menghasilkan immunoglobulin. Anti-bodi ini berperan untuk menentang virus cacar air seumur hidup Anda. 

Namun, tidak kebanyakan orang akan menghasilkan anti-bodi yang persis sama, hingga bisa jadi langkah kerja serta efektivitasnya berlainan. Dikutip dari healthline.com Anda mungkin alami cacar untuk ke-2 kalinya pada keadaan: 

  • Cacar air yang pertama-tama Anda alami pada umur kurang dari 6 bulan 
  • Keadaan cacar air yang pertama sangat mudah 
  • Anda mempunyai skema kebal badan yang rendah 

Oleh karenanya, dianjurkan untuk lakukan kontrol darah supaya tahu apa Anda berefek terserang penyakit ini . 

4. Tiap anak harus terkena cacar air 

Diatas telah diterangkan jika cacar air termasuk juga penyakit menyebar beresiko sebab dapat menimbulkan komplikasi. Nah, jika tiap anak harus terserang cacar air, Anda tidak paham kan jika skema kebal tubuhnya kuat ataukah tidak? Ini berlaku pada bayi berumur dibawah sebulan, beberapa anak dengan penyakit autoimun, seperti HIV, atau mereka yang sedang jalani kemoterapi. 

Oleh karenanya, semua begitu tergantung pada skema kebal badan semasing individu. Bila melemah, malah penyakit cacar air semakin lebih membahayakan kesehatan mereka. 

5. Gunakan lotion calamin untuk menangani gatal cacar air 

Kenyataannya, lotion calamin tidak disarankan oleh dokter sebab dapat membuat kulit jadi lebih kering. Cream atau gel yang memiliki kandungan anti-histamin malah menolong memudahkan tanda-tanda itu. Namun, janganlah lupa untuk menanyakan dahulu pada dokter apa Anda bisa menggunakannya ataukah tidak. 

Nah, sesudah Anda tahu mitos serta bukti sekitar cacar air, saat ini tidak ada fakta bukan untuk tertipu dengan kabar berita yang belum pasti kebenarannya? Bila Anda dengar beberapa hal yang tidak jelas kebenarannya tentang penyakit ini, tanyakanlah pada dokter Anda untuk tahu kebenarannya.

Tidak ada komentar