Breaking News

4 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan Berdasarkan Usia

4-Rekomendasi-Mainan-Anak-Perempuan-Berdasarkan-Usia

Mainan anak perempuan mungkin saja berbeda dengan anak laki-laki. Terkadang untuk membelikannya pun perlu pertimbangan beberapa aspek. Tapi, mainan yang dipilihkan tetap harus bisa menunjang pertumbuhan fisik, psikologis, dan otak atau motorik. Supaya kecerdasan anak terlatih sedari kecil, maka Anda harus membelikan mainan seperti squishy yang memiliki berbagai karakter untuk narasi. 

Mainan Anak Perempuan 

Anak perempuan dan anak lak-laki tentu memiliki perbedaan dalam hal memilih mainan. Anak perempuan cenderung menyukai mainan yang penuh warna, lucu, dan menggemaskan. Misalnya seperti boneka, slime, squishy, lego, pasir kinetik, dan masih banyak lagi. Sedangkan anak laki-laki biasanya memilih mainan yang hanya satu warna dan lebih mengasah otak, seperti mobil-mobilan, lego, play doh, mainan balok, dan lain sebagainya. 

Terlepas dari berbagai jenis mainan untuk anak laki-laki dan akan perempuan, sebaiknya Anda memberikan mainan yang mampu merangsang motorik kasar dan motorik halus si kecil. Selain itu, pilih mainan yang dapat menunjang keterampilan, mengasah kecerdasan, dan meningkatkan kreativitas. Adapun rekomendasi mainan tersebut yang dirancang khusus untuk anak perempuan akan diuraikan di bawah ini. 

1. Boneka Bertema Binatang 

Boneka bertema binatang bisa mulai dikenalkan pada anak perempuan Anda saat berumur satu tahun. Boneka tersebut bisa ditambah dengan aksesoris lainnya seperti rumah-rumahan yang disimpan beberapa squishy. Mainan boneka ini bisa membantu perkembangan dan pertumbuhan fisik si kecil karena ia akan merangkak dan berjalan saat memainkannya. 

Selain itu, bermain boneka dapat merangsang rasa keingintahuan si kecil dengan mengenalkannya dengan berbagai binatang. Secara tidak langsung figur yang dihadirkan melalui boneka tersebut telah tertangkap oleh motorik dan ingatan si kecil. Jadi, anak perempuan Anda telah mengenal berbagai jenis binatang melalui boneka tersebut. 

2. Kubus ABCD 

Dinamakan kubus ABCD karena mainan kubus-kubus ini dilengkapi dengan abjad dari A sampai Z. Fungsinya tentu untuk mengenalkan huruf-huruf abjad kepada si kecil. Mainan seperti ini cocok untuk anak perempuan yang menginjak usia 2 tahun. Di mana Anda harus mulai memberikan mainan yang dapat melatih memorinya untuk mengingat berbagai hal seperti warna, huruf, dan bentuk. 

Dalam hal ini, Anda dianjurkan untuk terlibat aktif dalam bermain, sehingga proses interaksi anak dan orang tua dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Harapannya anak Anda bisa mulai mengerti hal-hal yang diajarkan orang tua melalui berbagai permainan. 

3. Play Doh dan Pasir Mainan 

Untuk anak perempuan berusia 3 tahun, Anda bisa memberikannya mainan Play Doh dan squishy agar anak mulai bisa membentuk berbagai hal. Misalnya bentuk bangunan atau menciptakan bentuk baru melalui permainan tersebut. Mainan yang berbahan dasar lilin ini dapat mengasah beberapa kemampuan anak yakni indera perasa, mengenal warna, dan berimajinasi. 

Selain Play Doh, anak perempuan usia 3 tahun juga dapat diberi pasir mainan berupa pasir kinetik. Pasir kinetik ini dapat memberi pelajaran berupa memaksimalkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar anak dengan cara menyentuh, meraba, kemudian memindahkan pasir dari satu wadah ke wadah lainnya. 

4. Balok Susun 

Selanjutnya untuk anak perempuan yang menginjak usia 4 tahun bisa Anda berikan mainan balok susun. Permainan ini sangat cocok bagi anak perempuan yang akan memasuki masa sekolah. Karena menyusun balok dapat menjadi salah satu permainan yang edukatif. Balok susun yang akan Anda beli usahakan memiliki angka dan huruf yang disertai warna menarik. 

Demikianlah beberapa mainan anak perempuan yang dapat menunjang pertumbuhan fisik dan motorik. Usahakan pilih mainan anak sesuai dengan umurnya saat ini agar bisa beradaptasi dengan kecerdasan otaknya. Selain itu, memberikan mainan squishy yang memiliki banyak karakter sangat penting untuk perkembangan memori dan ingatan si kecil. Maka dari itu, pilih mainan yang menampilkan berbagai figur seperti binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Tidak ada komentar