Breaking News

Panduan Membuat Paspor Terbaru dengan Cara Online


Paspor merupakan dokumentasi yang harus Anda siapkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Anda harus memastikan paspor yang dimiliki dalam keadaan masih aktif. Bagi yang belum mempunyai paspor bisa melihat panduan membuat paspor secara online berikut ini. 

Langkah Membuat Paspor Online 

Pembuatan paspor sekarang sudah dengan cara online, di mana antrian Anda dilakukan terlebih dahulu secara online. Awalnya bisa membuat paspor di website, sekarang Anda harus mengunduh aplikasi agar bisa membuat paspor. Berikut langkah-langkahnya. 

1. Persiapkan Berkas untuk Pendaftaran 

Anda perlu menyiapkan beberapa berkas yaitu kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), akta kelahiran, buku nikah, dan ijazah. Jika memperpanjang paspor Anda harus melampirkan paspor lama yang dimiliki. 

2. Mengunduh Aplikasi 

Langkah selanjutnya dengan melakukan pengunduhan aplikasi di Play Store. Setelah itu install di smartphone dengan menggunakan email. Jadi kalau belum punya email harap dibuat terlebih dahulu. Tanpa email Anda tidak bisa melakukan log in nantinya. 

3. Ambil Antrian 

Di aplikasi nanti Anda akan diminta untuk mengisi semua data diri sesuai berkas yang sudah ada. Anda ikuti semua form pengisiannya. Pastikan semua data benar. Pilih juga tanggal pembuatan yang ingin dilakukan kapan Anda bisa mendatangi kantor imigrasinya. 

Antrian diambil di dalam aplikasi ini. Jadi setiap harinya ada batas minimal yang sudah ditentukan pihak migrasi secara sistem. Jika tanggal yang dipilih penuh, Anda harus memilih tanggal selain itu. Tanpa antrian ini tidak bisa melanjutkan proses pembuatan paspor. 

4. Datangi Kantor Imigrasi 

Datanglah ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah Anda pilih dengan membawa nomor antriannya. Kode ini disimpan di dalam smartphone dan ditunjukkan nantinya kepada petugas. Saat datang pastikan semua berkas sudah lengkap agar tidak bolak-balik nantinya. 

5. Verifikasi 

Setelah nomor antrian Anda sudah terpanggil akan dilakukan verifikasi. Pengambilan foto dan biometrik berupa sidik jari. Nanti setelah itu aka nada sedikit wawancara untuk menanyakan tujuan pembuatan paspornya. 

Itu lah panduan membuat paspor secara online. Setelah itu Anda akan diberikan nomor rekening dan kode untuk pembayaran. Lakukan pembayaran nantinya di bank yang sudah diberitahu. Bawa bukti bayar saat pengambilan paspor dua hari kemudian sesuai dengan yang disampaikan pihak migrasinya. 

Tidak ada komentar