Breaking News

Beberapa Hal yang Membuat Bayi Terlahir Sungsang


Setiap ibu hamil tentu ingin memiliki bayi yang terlahir secara normal dan sehat. Hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat bayi yang terlahir secara sehat bisa memiliki kondisi tubuh yang lebih baik juga. Akan tetapi, seringkali apa yang diharapkan tidaklah sesuai rencana mengingat banyaknya potensi ketidaknormalan semasa hamil. Salah satunya yakni kondisi bayi yang terlahir secara sungsang. 

Pada umumnya, ketika akan melahirkan kondisi kepala bayi akan berada pada jalur melahirkan. Namun tak jarang kondisi yang terjadi justru sebaliknya dimana kaki bayi justru berada pada jalur melahirkan. Kondisi tersebutlah yang seringkali disebut sebagai sungsang. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus mengingat kondisi sungsang baru bisa terlihat ketika perkembangan janin 37 minggu. Sehingga, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang bisa membuat bayi Anda terlahir sungsang sebagai berikut ini. 

Cairan ketuban yang tidak normal 

Salah satu penyebab yang membuat bayi dapat terlahir sungsang yakni karena kondisi cairan ketuban yang ada pada rahim sang ibu. Kondisi cairan ketuban yang tidak ideal membuat potensi bayi terlahir sungsang jadi semakin besar. Biasanya, ketuban yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat membuat janin di dalam rahim kesulitan untuk bergerak dan berada pada posisi yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan cairan ketuban yang ada di dalam rahim agar posisi bayi dapat berada di kondisi yang normal dan memperbaiki posisi bayi sungsang agar kembali normal. 

Placenta previa 

Bayi tidak lahir begitu saja karena ada placenta yang ikut bersama dengan sang bayi. Placenta atau ari-ari merupakan jalur makanan yang didapatkan oleh sang bayi dari orang tuanya. Ketika kondisi placenta previa terjadi, maka secara tidak langsung mulut rahim akan tertutup yang berpotensi membuat bayi lahir secara sungsang. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kandungan Anda secara rutin untuk memastikan bayi Anda berada dalam posisi yang benar ketika akan melakukan persalinan di bulan ke 9 nanti. 

Tidak ada komentar