Breaking News

Bagian Mobil Ini Harus Dicek Setiap 3 Bulan Sekali



Merawat mobil ialah bagian utama dalam memperpanjang umur kendaraan Anda. Perawatan yang dilaksanakan secara teratur akan menciptakan performa mobil kita semakin baik. Untuk mengasuh mobil bukan berarti mesti tidak jarang kali membawanya ke bengkel, namun Anda sendiripun dapat melakukan perawatan sendiri.

Tentu saja perawatan ini ialah perawatan mobil yang memang dapat Anda kerjakan di mobil, bukan perawatan yang membutuhkan kemahiran khusus laksana yang dipunyai bengkel-bengkel.

Sebut saja perbaikan laksana ketok magic, atau perawatan kehancuran mesin. Bagi hal-hal laksana ini terdapat baiknya bila di berikan kepada semua ahlinya, bukan? Tetapi andai membicarakan perawatan mobil seperti kesucian mobil, aki, oli ialah hal yang gampang dan dapat Anda kerjakan di garasi lokasi tinggal Anda.

Berikut adalahperawatan 3 bulanan yang mesti kita lakukan andai mempunyai mobil.

1. Oli dan Filter

Bagi setiap empunya kendaraan bermotor oli menjadi di antara bagian urgen untuk kendaraan itu bisa bermanfaat dengan baik atau tidak. Oli mestilah diganti masing-masing 3 bulan sekali dan pasti saja Anda mesti memakai oli yang tepat dan cocok dengan mesin Anda.

Memang penggantian oli saja tidak cukup, Anda juga harus memerika filter oli. Filter oli yang tersumbat tidak akan membawa Anda kemana-mana tetapi bengkel saja. Filter oli juga usahakan diganti ketika penggantian oli kendaraan Anda. Jika filter hingga tersumbat, berarti filter itu kotor dan dapat menciptakan oli tidak bisa tersalurkan dengan baik.

Ada dua jenis filter yang barangkali Anda temukan, yang kesatu ialah filter berbahan kertas dan yang kedua berbahan kawat kasa. Jika kamu berencana hendak mengubah sendiri filter oli dan olinya, Anda mesti mengenali bahan filter yang dipunyai oleh kendaraan Anda.

2. Cairan Pembersih Kaca / Air Wiper

Cairan pembersih kaca mobil tidak sedikit berisi metanol yang pasti saja berbahaya untuk Anda dan lingkungan sampai-sampai harus dikurangi pemakaiannya. Ada tidak sedikit cara yang dapat dilakukan guna mengubah air permbersih ini yakni dengan teknik membuat sendiri cairan pembersih.

Cairan ini dapat dibuat dengan memakai alat-alat yang dapat ditemukan di lokasi tinggal Anda. Tentu saja memakai cairan pembersih sendiri bakal jauh lebih irit daripada melakukan pembelian sendiri cairan ini. kita bahkan dapat memakai cairan pembersih kaca yang biasa dipakai untuk mencuci kaca jendela lokasi tinggal Anda dengan mencampurkannya dengan air.

3. Cairan Power Steering

Power steering pun mempunyai cairan yang bermanfaat untuk menciptakan pemakaian kemudi yang nyaman. Jika kita pernah merasakan power steering yang terasa berat, dapat saja tersebut dikarenakan oleh selang yang telah aus atau sebab cairan power steering yang semakin tidak banyak atau bahkan terhambat oleh selang yang rusak.

Kekurangan cairan ini dapat menyebabkan power steering berdengung dan bergetar. Jika terjadi masalah laksana ini segera kerjakan pengecekan, andai masalahnya pada cairan power steering segeralah ganti dengan membawa ke bengkel sah terdekat.

4. Cairan Transmisi

Di samping power steering, yang butuh Anda cek ialah ketersediaan cairan transmisi. Cairan transmisi ini juga bermanfaat sebagai sistem hidrolik pada mobil. Cairan transmisi ini pasti saja dipunyai oleh mobil manual maupun matic. Penggantiannya juga dapat dilakukan secara manual oleh kita atau andai tidak hendak repot dapat membawa mobil kita ke bengkel guna mengubah cairan transmisi.

Jika kita melakukannya secara manual berarti Anda mesti mengetahui apa saja yang dapat terjadi pada cairan transimi. Bagi masalah laksana kebocoran seringkali cairan transmisi bakal berada pada titik di bawah artikel “add” atau “dingin.”

Jika mengejar masalah laksana ini, dengan kata lain Anda mesti segera membawa mobil kita ke bengkel guna segera mengerjakan perawatan lanjutan. Jangan tak sempat untuk memeriksa cairan ini dalam masa-masa 3 bulan sekali.

5. Kabel dan Aki

Aki tergolong bagian mobil yang mempunyai cairan. Tentu saja guna Anda yang kendaraannya memakai aki basah, maka Anda mesti menyimak cairan aki-nya. Pilihlah air aki yang memang sudah Anda percayai mempunyai kualitas yang baik. Jika air aki yang dipunyai oleh mobil kita cepat berkurang dan berakhir berarti bisa jadi ada kehancuran pada sel baterai aki Anda.

Untuk mencuci aki dari luar, metodenya cukup mudah yaitu melulu menggunakan air panas saja. Bersihkan aki dan usahakan supaya tidak terpapar kable-kabel yang bersangkutan dengna aki. Setelah pembersihan cek pun terminal atau kleman aki. Kleman aki yang longgar ini dapat menyebabkan munculnya kerak berwarna hijau pada aki mobil.

Selanjutnya ialah memeriksa kabel, andai ada kehancuran pada kabel dapat menciptakan mobil kita tidak dapat menyala. Sehingga kabel ini juga harus diperiksa secara rutin guna mengantisipasi kehancuran yang barangkali terjadi.

6. Semua Lampu Mobil

Tentu saja seluruh lampu mobil ialah bagian yang mesti diperiksa secara berkala. Baik dari headlamp, lampu sen serta lampu unsur belakang. Memang terkadang tidak sedikit orang meremehkan urusan ini, namun lampu yang bobrok dapat menyebabkan kesalahpahaman antar pengemudi mobil dijalanan sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Periksalah dengan teratur lampu mobil ini untuk mengawal kualitas kenyamanan Anda ketika berkendara di jalanan, tergolong berkendara di malam hari.

Tidak ada komentar