Breaking News

Tips Laris Membuka Standa Di Bazaar




Saat ini tidak sedikit usaha berskala mikro, kecil dan menengah yang berlahiran dan berjuang untuk meningkatkan keberadaan mereka. Mayoritas dari usaha ini terdiri dari industri makanan dan pun pakaian atau fashion. Salah satu channel mereka untuk menjual produknya ialah melalui pendahuluan stand atau booth yang terdapat di sebuah bazaar. Acara ini seringkali diadakan oleh organisasi-organisasi laksana organisasi kampus, organisasi kemasyarakatan, atau bahkan event organizer yang memang sengaja hendak mempertemukan penjaja dan pembeli.

Biasanya, bazaar mempunyai jumlah pengunjung yang tidak sedikit karena masyarakat memang tertarik dengan bazaar di mana terdapat tidak sedikit penjual yang menawarkan barang-barang laksana makanan, pakaian, souvenir dan lainnya. Tidak heran bila tidak sedikit bisnis-bisnis kecil ini mengupayakan mendaftar dan membuka booth guna mempromosikan dan pun menjual produk mereka.

Tetapi, ketika kamu mengunjungi suatu acara, tentunya sesekali kamu akan terlihat sejumlah booth yang sepi saat kita berkeliling. Banyak dalil mengapa booth ini menjadi sepi. Salah satunya merupakan, sebab pemilik brand tidak tidak mendekorasi booth miliknya tersebut, sampai-sampai terlihat tidak unik perhatian dari pengunjung. Entah sebab tampilan, barang yang dipasarkan dan sebagainya.

Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi yang tepat supaya anda menjadi sukses saat membuka booth saat acara berlangsung. Berikut ialah beberapa tips laris membuka stand di bazaar yang bisa dijadikan referensi.

Pastikan produk yang kamu jual ialah terlihat menarik

Salah satu dalil konsumen mendatangi booth anda ialah karena mereka hendak membeli apa yang kamu jual. Maka dari itu, kamu harus meyakinkan bahwa apa yang kamu akan jual memang menjadi destinasi masyarakat mendatangi bazaar tersebut. Misalnya, kamu menjual jajanan tradisional yang ketika ini sudah paling jarang terdapat di lingkungan sekitar. Sehingga, ketika kamu menjual jajanan tersebut, konsumen berpotensi tinggi guna datang. Bisa juga, kamu mencoba memasarkan jasa yang dapat menarik pengunjung laksana jasa peramal, pembaca kartu tarot, dan lainnya.

Intinya merupakan, bagaimana kamu bisa membuat bisnis yang memang menjadi sesuatu yang dicari-cari oleh masyarakat pada umumnya. Di samping itu, pastikan kamu telah menganalisa acara yang kamu ikuti. Pastikan bahwa jenis acara itu masih relevan dengan apa yang kamu jual. Misalnya, acara yang diadakan ialah acara dengan pengisi booth yang bertajuk makanan atau kuliner, maka kamu harus memahami andai produk yang mesti kamu jual mesti berbentuk makanan atau penemannya.

Anda pun harus bisa menganalisa pengunjung yang bakal datang, apakah terdiri dari anak muda saja atau terdapat pun orang dewasa, anak-anak, dan segmen lainnya. Ini bakal sangat urgen karena kamu akan memahami siapa pembeli kamu dan akhirnya kamu dapat menyesuaikannya dengan barang yang akan kamu jual.

Bentuk stand yang menarik

Setelah kamu menilai apa yang akan kamu jual dan telah yakin bahwa barang itu akan laku, tahapan selanjutnya ialah menghias booth anda. Alasan kedua, kenapa orang bakal datang ke lokasi anda ialah karena mereka menyaksikan tampilan depan yang menarik. Istilah “judge book by its cover” menjadi relevan di sini. Anda mesti memikirkan dengan matang supaya booth kamu terlihat gampang kelihatan dan menciptakan orang datang. Misalnya, kamu menghiasnya dengan tema kartun atau colorful. Tampilan depan dari booth bakal menjadi sangat urgen untuk diperhatikan.

Pastikan pun tampilan booth kamu berbeda dari yang lainnya. Jika perlu, lakukan hiasan yang anti mainstream yang dapat membuat orang terkagum-kagum dengan tampilan depan lokasi anda. Bisa dengan kamu bisa menciptakan aksesoris guna selfie ria untuk pengunjung atau pun dengan menambahkan lampu-lampu hias ataupun pernak-pernik lainnya. Menjadi bertolak belakang itu paling penting!

Berikan penawaran yang menarik

Sebagaimana bisnis pada umumnya, mengerjakan penawaran yang menarik ialah hal yang wajar untuk dilakukan supaya mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Bentuk penawaran ini bisa berupa diskon, buy two (2) get one (1), dan sebagainya. Hal ini dilaksanakan sebagai stimulus untuk mereka supaya mau mengunjungi booth anda. Memang, resikonya ialah anda bakal mendapatkan margin deviden yang lebih sedikit. Tetapi dengan teknik ini, penjualan kamu justru bakal meningkat lebih pesat daripada sebelumnya. Hal yang mesti diacuhkan juga ialah anda sudah mengerjakan proyeksi finansial dari penjualan kamu selama acara berlangsung. Sehingga, deviden tetap akan kamu dapatkan saat semuanya sudah selesai.

Tidak ada komentar