Breaking News

Makanan Murah Meriah Dan Sehat



Makanan bergizi memang perlu bikin kesehatan tubuh. Tapi bagaimana andai kantong Anda tidak jarang bolong sebab urusan makanan? Orang tidak jarang bingung. Maunya santap sehat, tapi anehnya harga makanan yang menurut keterangan dari buku-buku paling baik bikin tubuh seringkali juga paling mahal. Mungkin kita pun bakal mengangguk-anggukan kepala tanda setuju. Jelas, seporsi nasi berlauk ayam dan sayur plus sepotong buah untuk santap siang, bakal lebih mahal dibanding semangkuk bakso!

Jangan putus harapan dulu, sebetulnya ada sejumlah trik menghemat ongkos makan Anda, pasti tanpa meminimalisir kualitas giziya. Kuncinya cermat-cermatlah saat melakukan pembelian barang dan jeli memilih bahan makanan. Mau tahu caranya? Boleh baca petunjuk berikut ini!

BELAJAR PINTAR

– Mulailah dengan merencanakan menu yang bakal Anda santap. Selain dapat mengatur keperluan gizi, pun sekaligus mengontrol pengeluaran.
– Sesekali usahakanlah memasak sendiri bila keadaan memungkinkan. Batasi santap diluar atau delivery. Di samping lebih murah, masak sendiri memungkinkan variasi jenis makanan dan gizi.
– Bawa susunan saat belanja, supaya tak tergoda melakukan pembelian yang tak diperlukan.
– Periksa isi lemari dan kulkas sebelum belanja, tidak boleh sampai terdapat bahan makanan yang masih menumpuk sedangkan Anda telah beli yang baru.
– Buka mata lebar-lebar, siapa tahu terdapat makanan yang sedang di-sale di supermarket lokasi Anda belanja. Selama kondisinya masih baik, tak terdapat salahnya melakukan pembelian dalam jumlah tidak sedikit sebagai persediaan.
– Tak terdapat salahnya mencocokkan harga di sejumlah swalayan. Kalau memang terdapat yang lebih murah, mengapa tidak? Perbedaan harga yang tidak banyak pun kalau dikoleksi akan menghemat juga.
– Membeli makanan dalam kemasan besar seringkali lebih murah. Tinggal bagi-bagi cocok porsi yang diperlukan, kemudian simpan difreezer untuk dipakai saat diperlukan.

JELI MEMILIH DAN MENGOLAH MAKANAN

– Siapa bilang bahan makanan yang bergizi mesti tidak jarang kali mahal? Coba buka lagi buku-buku referensi mengenai gizi. Cari altematif bahan makanan yang kandungan gizinya tak kalah tinggi, namun dengan harga lebih murah. Misalnya sumber protein, tak mesti tidak jarang kali berupa daging sapi atau daging ayam. Anda dapat gantikan dengan telur, ikan, tempe atau tahu.
– Manfaatkan sayur atau buah yang sedang musimnya, harganya bakal lebih murah. Jangan fobia bosan, jajaki olah atau sajikan dengan teknik yang berbeda-beda.
– Agar lebih menarik, boleh pun buat makanan ala fastfood di rumah. Lebih murah dan lebih sehat! Coba bikin pizza sendiri, bermukim beli roti lalu bikin toppingnya cocok selera. Tambahkan sayur-sayuran supaya lebih sehat.
– Makanan kecil siap santap seringkali harganya cukup mahal. Coba bikin sendiri snack yang sederhana tetapi tetap lezat. Kenapa mesti beli agar-agar siap saji, bila Anda dapat buat sendiri dengan harga lebih murah dan dapat dikombinasikan dengan sekian banyak  jenis buah.
– Manfaatkan makanan yang tak habis. Ayam panggang saldo semalam dapat jadi isi chicken sandwich yang lezat

Tidak ada komentar