Breaking News

5 Tanda dan Penyebab Gangguan Makan


Gangguan makan adalah gangguan mental saat mengonsumsi makanan. Penderita gangguan makan dapat mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan dan terobsesi pada berat badan atau bentuk tubuhnya. Gangguan makan dapat terjadi pada usia berapa pun namun lebih sering dialami oleh remaja. 

Apa Saja Tanda Gangguan Makan? 

Tanda gangguan makan biasanya bervariasi tergantung dari jenis gangguannya. Ada beberapa tanda yang dapat kita kenali pada penderita gangguan makan, di antaranya adalah: 

1. Makan Dalam Jumlah Berlebih 

Salah satu hal yang menunjukan seseorang mengalami gangguan makan adalah tingkah laku makan yang berlebihan dan tidak bisa mengendalikan kebiasaan ini. Makan berlebihan ini umumnya dilakukan di tempat tersembunyi hingga sulit dideteksi oleh orang-orang di sekitarnya. 

2. Terobsesi dengan Makanan 

Orang yang mengalami gangguan makan biasanya tergila-gila dengan makanan. Biasanya mereka memiliki kebiasaan memasak dalam jumlah yang banyak untuk orang banyak. Namun, jika orang yang memasak ini hanya makan sedikit atau bahkan tidak makan masakannya sementara memaksa orang lain untuk memakannya, maka patut dikhawatirkan. 

3. Ritual Makan 

Beberapa kebiasaan makan dilakukan dengan sadar. Ada yang menolak mengonsumsi jenis makanan tertentu (misalnya tidak mau mengonsumsi karbohidrat sama sekali), ada yang mengunyah makanan secara berlebihan. 

4. Menghindari Makan atau Makan Sendirian 

Orang yang mengalami gangguan makan seringkali ingin makan sendirian atau menghindari makanan dengan berbagai alasan. Salah satu alasanya yang sering digunakan adalah “Saya sudah makan” atau “Saya sudah kenyang”. 

5. Selalu Menganggap Diri Sendiri Gemuk 

Orang yang menderita gangguan makan memandang tubuhnya berbeda dari yang sebenarnya. Meski tidak gemuk, mereka selalu menganggap tubuhnya tidak ideal dan bersikeras ingin menurunkan berat badannya. 

Penyebab Gangguan Makan 

Penyebab gangguan makan sebenarnya tidak diketahui secara pasti. Pasalnya gangguan makan adalah masalah yang cukup rumit karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti faktor genetik, faktor biologis, faktor psikologis, dan faktor lingkungan biasanya mempengaruhi gangguan makan seseorang. 

Namun banyak orang yang mengalami gangguan makan sering kali tidak merasa bahwa mereka membutuhkan bantuan. Bila anda memiliki perilaku yang tidak wajar saat makan, cobalah berkonsultasi dengan psikiater karena gangguan makan umumnya sulit diatasi tanpa bantuan psikiater.

Tidak ada komentar