Breaking News

5 Rekomendasi Makanan Tinggi Elektrolit yang Wajib Diketahui

5-Rekomendasi-Makanan-Tinggi-Elektrolit-yang-Wajib-Diketahui
Gambar oleh RitaE dari Pixabay 

Elektrolit merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk memastikan organ penting di dalamnya, seperti otak, saraf, dan otot, bisa bekerja dengan baik. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan elektrolit dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi elektrolit. 
Ragam Makananan yang Kaya akan Elektrolit 

Selain dari minuman kemasan yang mengandung elektrolit, Anda bisa mencukupi kebutuhan elektrolit tubuh dengan mengonsumsi makanan tertentu. Ragam makanan ini tak hanya lezat dan mengenyangkan, namun juga kaya akan kandungan elektrolit di dalamnya. 

1. Susu Murni 

Cukupi kebutuhan elektrolit Anda setiap hari dengan mengonsumsi susu murni. Susu murni merupakan susu perahan sapi yang tak dikurangi atau ditambahkan bahan apa pun. Susu ini biasanya hanya melewati proses penyaringan untuk memisahkan kotoran yang mungkin ada di dalamnya. 

2. Yoghurt Rendah Lemak 

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi bakteri tertentu. Ciri khas produk olahan susu ini adalah rasanya yang agak asam dan teksturnya yang menyerupai krim. Namun, tak semua yoghurt kaya akan elektrolit, loh! Pastikan Anda mengonsumsi yoghurt rendah lemak untuk menambah elektrolit dalam tubuh. 

3. Susu Kedelai Tanpa Pemanis 

Selain susu sapi, Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai untuk menambah jumlah elektrolit dalam tubuh. Susu kedelai yang direkomendasikan untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh adalah yang disajikan tanpa pemanis atau tambahan gula. 

4. Air Kelapa 

Makanan selanjutnya yang bisa meningkatkan jumlah elektrolit dalam tubuh adalah air kelapa. Konsumsilah air kelapa tanpa tambahan susu, gula, atau bahan lainnya, untuk menyegarkan dan menambah elektrolit dalam tubuh Anda. 

5. Sayur Bayam 

Dengan rutin mengonsumsi sayur bayam, Anda tak hanya akan meningkatkan jumlah elektrolit dalam tubuh saja, namun meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Jika memungkinkan, konsumsilah bayam dalam keadaan mentah. Namun jika ingin dimasak terlebih dahulu, jangan terlalu lama merebusnya. 

Itulah tadi 5 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan jumlah elektrolit dalam tubuh Anda. Makanan tinggi elektrolit ini akan bisa dengan mudah Anda dapatkan di sekitar Anda. Jangan sampai Anda kekurangan elektrolit, karena akan membuat Anda kekurangan energi untuk beraktivitas.

Tidak ada komentar