Breaking News

4 Pertolongan Pertama Keracunan Makanan

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay
Pertolongan pertama keracunan makanan merupakan tindakan pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi gejalanya. Keracunan makanan merupakan kondisi yang terjadi akibat mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi dengan organisme menular. Terlebih lagi zat beracun dapat mencemari makanan kapan saja selama proses memasak dan penyimpanan. 

Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan 

Jika Anda mengetahui ada seseorang di dekat Anda yang mengalami keracunan makanan, berikut merupakan beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk membantunya. 

1. Minum Banyak Air 

Bila penderita keracunan mengalami diare dan muntah, segera berikan cairan yang cukup seperti air putih, oralit, maupun campuran air putih dan ½ sendok teh garam. Selain itu perlu diingat, jangan minum cairan terlalu cepat sebab hal ini hanya akan memperburuk mual dan muntah. Jadi minumlah sedikit demi sedikit. 

2. Buang Air Kecil 

Pada umumnya seseorang yang mengalami keracunan harus buang air kecil secara berkala. Selain itu jangan lupa perhatikan warna urine-nya, biasanya jernih. Jika warnanya gelap, maka hal ini menandakan dehidrasi yang disertai dengan pusing. Jika salah satu gejala ini terjadi dan tidak bisa minum cairan sama sekali, pastikan segera kunjungi dokter. 

3. Konsumsi Makanan Ringan 

Selain memberikan cairan, memberikan makanan ringan yang hambar juga bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk pertolongan pertama pada keracunan makanan. Beberapa jenis makanan ringan yang bisa Anda berikan antara lain seperti roti, biskuit, nasi putih, dan pisang. 

4. Minum Obat Tablet Karbon Aktif 

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa memberikan tablet karbon aktif untuk membantu menyerap racun di dalam saluran pencernaan yang bisa diminum bersama air putih. Meski dijual bebas, namun penanganan pertama keracunan makanan sebaiknya berdasarkan anjuran dokter. 

5. Minum Susu 

Selain mengonsumsi tablet karbon aktif, penderita keracunan makanan juga bisa minum susu untuk membantu mengikat racun dalam saluran pencernaan sekaligus merangsang penderita untuk muntah dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun jika mengalami diare sebaiknya jangan diberi susu. 

Itulah beberapa pertolongan pertama keracunan makanan yang perlu Anda perhatikan. Hal terpenting adalah melakukan upaya pencegahan. Sebab pencegahan selalu lebih baik dari pada mengobati.

Tidak ada komentar