Breaking News

Macam Oleh-Oleh Khas Banjarmasin dan Keunikannya

Gambar oleh Marjolein van Zonneveld dari Pixabay

Bagi Anda yang belum pernah jalan-jalan ke Banjarmasin, pasti bingung dengan apa yang bisa kita temukan di sana. Padahal ada banyak objek wisata dan juga oleh-oleh khas Banjarmasin. Oleh-oleh tersebut sudah terkenal dan keunikannya yang ikonik bagi kota tersebut. Apa saja oleh-oleh yang dapat kita bawa pulang ataupun kita nikmati di sana? 

Mulai dari Cemilan Hingga Pakaian 

Banjarmasin tak hanya memiliki makanan yang enak dan terkenal, namun juga memiliki kain yang itu diminati seantero Indonesia. Cemilan ringan yang selalu bisa menemani keseharian kita juga ada di Banjarmasin. Ciri khas mereka yang unik tersebut menambah daya tarik kota tersebut. 

Kain yang terkenal dari Banjarmasin ialah batik sasirangan. Kain ini merupakan kain serbaguna, namun biasanya dipakai sebagai ikat kepala. Desain nya yang unik dan sangat punya kesan etnik yang kuat membuat kain ini begitu diminati oleh para pelancong dari luar dan dalam negeri. Harga untuk mendapatkan kain ini juga tidak mahal mungkin berkisar 80.000 hingga 100.000 rupiah. 

Macam Makanan yang Terdapat di Banjarmasin 

Ada berbagai macam makanan yang akan Anda temui di Banjarmasin. Tak hanya batik sasirangan namun beberapa makanan ini juga hanya dapat Anda nikmati di kota yang indah tersebut. Apa saja makanan yang berhabitat asli di Banjarmasin? 

1. Amplang 

Amplang merupakan makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari ikan tenggiri dan dicampur dengan terigu. Makanan ringan ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan cemilan. 

2. Sambal Acan 

Siapa yang tak suka sambal? Semua orang pasti suka sambal, di Banjarmasin Anda dapat menemukan sambal acan. sambal tersebut terbuat dari campuran mangga muda dan terasi yang menciptakan rasa unik di lidah Anda. 

3. Kue Rangai 

Ada 1 kue yang begitu melekat pada kota ini. Kue tersebut adalah kue rangai terbuat dari olahan sagu yang dipanggang, membuat kue ini punya rasa yang tak terlupakan. 

4. Rabuk Ikan 

Olahan ikan yang terkenal dari Banjarmasin adalah rabuk ikan. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri bisa juga ikan gabus. Rabuk ikan cita rasanya mirip dengan abon ikan yang biasa kita makan. 

Jika Anda berkunjung ke kota Banjarmasin, akan terasa kurang jika Anda tidak mencicipi oleh-oleh khas Banjarmasin. selain makanannya Banjarmasin juga punya oleh-oleh seperti kain dan batu permata yang ikonik di kota itu. Jadi, kapan Anda main ke Banjarmasin?

Tidak ada komentar