Breaking News

Biar Gak Infeksi, Begini Cara Merawat Bekas Jahitan dengan Tepat


Luka robek yang lumayan lebar dan dalam pada permukaan kulit, tentu mengharuskan tenaga kesehatan untuk menjahitnya. Setelah jahitan pada luka dilakukan, cara merawat bekas jahitan tersebut harus dilakukan seoptimal mungkin agar pada bekas jahitannya tak terjadi infeksi. 
Cara Tepat Melakukan Perawatan pada Bekas Jahitan 

Jika sekiranya Anda mendapatkan luka jahitan, tentu saja Anda harus tahu benar cara merawat bekas jahitan tersebut. Ketelatenan merawat bekas jahitan tersebut, akan membuat bekas jahitan bisa mengering dengan sempurna. Berikut 4 cara tepat untuk merawat bekas jahitan tersebut. 

1. Pastikan Area Sekitar Bekas Jahitan dalam Keadaan Kering 

Pada 24 jam pertama setelah Anda mendapatkan jahitan, pastikan area sekitar luka jahitan tersebut dalam keadaan kering. Dengan begini, Anda akan terhindar dari risiko terjadinya infeksi pada jahitan tersebut. Umumnya, Anda harus menunggu setidaknya satu hari sebelum bisa membersihkan bekas jahitan tersebut. 

2. Bersihkan Kotoran dan Kerak di Sekitar Bekas Jahitan 

Saat waktu membersihkannya tiba, pastikan Anda membersihkan secara menyeluruh kotoran dan kerak yang terbentuk pada bekas jahitan tersebut. Dengan begini, risiko tertinggalnya bekas luka akan semakin rendah. Anda mungkin akan memerlukan perban untuk membalut bekas jahitan tersebut, jika sekiranya ada cairan luka berwarna kuning yang keluar. 

3. Keringkan Bekas Jahitan dengan Menggunakan Handuk Lembut 

Setelah Anda membersihkan bekas jahitan tersebut dengan menggunakan air, jangan lupa untuk mengeringkannya. Gunakan handuk berbahan lembut untuk mengeringkan area bekas jahitan, dengan cara menepuk-nepuk secara lembut di area tersebut. 

4. Tahan Diri untuk Tak Menggaruk Bekas Luka 

Walau mungkin bekas jahitan dan area sekitarnya akan terasa sangat gatal setelah dibersihkan, tahan diri Anda untuk tak menggaruknya. Jika Anda kebablasan menggaruk area bekas jahitan tersebut, risiko terkelupasnya kulit di bagian tersebut sangatlah tinggi. 

Risiko infeksi sangat mungkin Anda alami jika tak bisa merawat bekas jahitan dengan baik. Jika ingin terhindar dari risiko menakutkan tersebut, Anda bisa mengikuti 4 cara merawat bekas jahitan yang telah dipaparkan di atas. Jangan lupa juga untuk bertanya pada dokter, kapan waktu yang tepat untuk membersihkan bekas jahitan tersebut.

Tidak ada komentar