Breaking News

6 Kuliner berbau tak sedap ini jadi favorit dunia, ada dari Indonesia

Berbicara mengenai kuliner memang tidak ada habisnya. Bermacam-macam jenis makanan dengan cita rasa dan bentuk yang berbeda dapat kamu temukan diberbagai belahan dunia. Pastinya semua jenis kuliner ini akan menggugah seleramu.
Namun tidak semua kuliner dapat menggugah selera seseorang, bahkan ada beberapa jenis kuliner yang justru memiliki aroma yang tidak sedap dan menyengat. Hal ini membuatnya kerap kali dihindari oleh banyak orang.
Meski begitu, beberapa kuliner dengan bau yang tidak sedap ini ternyata malah menjadi favorit di beberapa bagian wilayah dunia. Salah satunya ada yang dari Indonesia lho!
Biar nggak penasaran, berikut 6 kuliner berbau tidak sedap yang jadi favoritnya banyak orang ;

1. Stinky Tofu
Wah kalau kuliner yang satu ini sih dari namanya aja sudah jelas ya. Jenis makanan yang populer di Hong Kong dan Taiwan ini merupakan tahu segar yang direndam dalam larutan bumbu berisi garam, susu fermentasi, cacahan daging dan sayuran.
Larutan bumbu garam yang dituangkan ini membuat tahu menjadi bau. Bahkan terkadang, jika makanan ini semakin bau maka akan semakin disukai. Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa, aroma makanan ini seperti sampah organik yang sudah busuk.
2. Surstroming
Surstroming memiliki bau yang sangat menyengat, bahkan dapat tercium hingga radius puluhan meter, akan tetapi kuliner yang sering ditemukan di wilayah Eropa Timur dan Atlantik Utara ini justru sangat disenangi oleh masyarakat. Terutama masyarakat di wilayah Nordik.
Bahkan saking dicintainya makanan ini, masyarakat Nordik sampai membuat sebuah meseum khusus. Surstroming sendiri terbuat dari ikan herring yang difermentasi selama beberapa bulan. Kebayang kan baunya kayak gimana?
3. Rakfisk
Rakfisk terbuat dari ikan segar yang difermentasikan selama dua hingga tiga bulan. Proses fermentasi ini membuat ikan mengeluarkan cairan berbau busuk.
Namun demikian, meski banyak dihindari karena berbau tengik, rasanya dianggap lezat oleh banyak masyarakat di Norwegia. Gimana? Tertarik buat mencoba?
4. Hakari
Makanan lezat yang menjadi kesukaan banyak masyarakat Islandia ini terbuat dari hiu fermentasi yang diawetkan. Penyebab utama ikan hiu awetan ini memiliki bau yang tidak sedap adalah karena adanya kandungan urin dalam daging ikan hiu itu sendiri. Aroma menyengat ini justru dianggap oleh masyarakat Islandia sebagai keunikan makanan ini.
5. Keju Epoisses de Bourgogne
Keju memiliki banyak jenis, beberapa diantaranya mempunyai aroma tidak sedap. Nah salah satunya adalah keju Epoisses de Bourgogne. Bau dari keju sangat tidak wajar, bahkan dapat membuat orang merasa mual, pusing dan mabuk.
Tapi sebenarnya keju ini sangat mewah karena mempunyai julukan raja dari semua keju. Rasanya juga enak. Saking baunya, keju ini dilarang dibawa melalui transportasi umum di Prancis.
6. Durian
Siapa sih yang nggak kenal sama buah dengan kulit berduri ini? Ya, durian yang banyak ditemui di wilayah Indonesia ini termasuk dalam makanan yang memiliki bau yang tidak sedap dan menyengat bagi sebagian orang.
Buah durian ini sering dijadikan olahan berbagai jenis kuliner, terutama dalam jenis minuman dan dessert. Baunya yang keras dan menyengat ini membuat sejumlah perusahaan dan maskapai penerbangan melarang orang membawa durian.

sumber : https://brilicious.brilio.net/unik/6-kuliner-berbau-tak-sedap-ini-jadi-favorit-dunia-ada-dari-indonesia-180306s.html

Tidak ada komentar